Rabu, 11 April 2012

SISTEM 5S+2S

Dalam masyarakat jepang, ada beberapa hal mendasar yang sudah menjadi budaya dalam kehidupan orang jepang. sistem ini dikenal dengan 5S, sistem yang digunakan banyak diterapkan dari tingkat perumahan sampai dengan tingkat pabrik.
hal ini di karenakan sebuah sistem sikap yang terus diterapkan dan dilakukan dalam kehidupan setiap pribadi supaya menjadikan lingkungan sekitarnya menjadi bersih, nyaman & aman.

Sistem 5S ini antara lain adalah
SEIRI 整理(せいり)
SEITON 整頓(せいとん)
SEIKETSU 清潔(せいけつ)
SEISO 清楚(せいそ)
SHITSUKE 躾け(しつけ)
 akan saya jabarkan satu per satu tentang sistem di atas,

SEIRI 整理 = Merupakan kegiatan untuk memilah-milah hal yang bermanfaat, antara yang sering digunakan & segala yang tidak bermanfaat & yang jarang digunakan.

SEITON 整頓 = Merupakan kegiatan menjaga segala sesuatu hal berada di tempat yang sesuai & tepat secara sistematis sehingga pemborosan gerakan & waktu bisa diminimalisir.

SEIKETSU 清潔 = Kegiatan perawatan dari barang-barang atau benda-benda yang dipakai setiap harinya.

SEISO 清楚 = Merupakan sikap menjaga segala sesuatu di sekitar kita untuk selalu berada dalam kondisi bersih & tertata rapi.

SHITSUKE 躾け = Merupakan kebiasaan baik yang harus dilatih terus menerus supaya menjadi sikap hidup yang baik.

Dalam kehidupan masyarakat Indonesia ini juga sudah ada & diterapkan. dalam kehidupan masyarakat Indonesia sering didengar dengan 5R
SEIRI 整理(せいり)=========> RINGKAS
SEITON 整頓(せいとん)====> RAPI
SEIKETSU 清潔(せいけつ)==> RAWAT
SEISO 清楚(せいそ)=======> RESIK
SHITSUKE 躾け(しつけ)====> RAJIN

5S ini sering dipakai sebagai standar kehidupan & kebersihan masyarakat jepang, tetapi untuk pabrik terutama pabrik makanan maka selain 5S diatas ada tambahan 2S lagi, yaitu :

SENJOU 洗浄(せんじょう)---> ini sering disebut pembersihan dengan membilas peralatan yang sudah digunakan selama proses produksi berlangsung.

SAKKIN 殺菌(さっきん)---> merupakan proses sterilisasi untuk menjaga & menekan bakteri yang akan timbul selama proses produksi

5S+2S ini yang menjadi patokan dasar kehidupan masyarakat jepang dalam kehidupan sehari-hari sehingga sudah menjadi rahasia umum ketika kita berkunjung ke jepang akan terlihat orang-orang yang menjaga kebersihan dengan sangat disiplin sehingga suasana lingkunganpun menjadi nyaman & sehat

dan semua bisa kita lakukan.. namun tetap dengan komitmen dan niat serta dilakukan terus menerus tanpa henti.. nah, sekarang, mau kah kita untuk juga melakukanya demi kebaikan kita?
minimal untuk kesehatan kita =)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar